Jumat, 20 Juni 2008

MELESTARIKAN ARSIP SANGAT PENTING


PERSATUAN BERSAMA ARSIP


Kepala ANRI Djoko Utomo Menyerahkan Nota Kesepahaman Kepada Dody Susanto selaku Ketua Karang Taruna Nasional
“Latar belakang MoU ini merupakan salah satu bentuk refleksi dari keinginan kuat organisasi Karang Taruna untuk membangun konsolidasi organisasi, semangat memperbaiki kinerja organisasi dan menunjukkan kepada semua pihak bahwa Karang Taruna diberitugas oleh bangsa untuk menunjukkan cita nuraninya kepada bangsa ini, ingin turut serta melestarikan arsip di RI” demikian isi sambutan dari Dody Susanto selaku Ketua Karang Taruna Nasional. Sambutan tersebut disampaikan oleh Dody dalam acara MoU antara Karang Taruna Nasional dengan Arsip Nasional RI yang berlangsung di Gedung ANRI, Jl. Ampera Raya no. 7 Jakarta Selatan pada tanggal 19 Juli 2007. MoU ini berlaku selama 5 tahun, mulai dari tahun 2007 sampai dengan tahun 2011. Dalam MoU ini, ANRI diwakili oleh Djoko Utomo MA selaku Kepala ANRI. Mengingat pandangan yang muncul dikalangan generasi muda tentang kearsipan, belum pada tahap yang menggembirakan, maka melalui MoU dengan Karang Taruna Nasional ini, diharapkan Karang Taruna dapat membantu untuk menumbuhkan semangat dan kesadaran cinta arsip terhadap generasi muda, lanjut Dody.


Kepala ANRI Djoko Utomo dan Dody Susanto selaku Ketua Karang Taruna Nasional Sedang Mengangkat Nota Kesepahaman
Acara MoU ini dihadiri oleh beberapa orang pejabat Eselon I s.d eselon IV ANRI dan. 31 orang dari 14 provinsi perwakilan organisasi Karang Taruna serta 9 orang Pengurus Nasional Karang Taruna. Ke-14 provinsi tersebut adalah : NAD, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bangka Belitung, Jambi, Bengkulu, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, dan Maluku Utara. Selain untuk menyaksikan MoU, mereka juga menjadi peserta dalam apresiasi kearsipan yang dilaksanakan di ANRI. Tujuan dari apresiasi tersebut adalah untuk memberikan pengetahuan mengenai dunia kearsipan secara lebih mendalam.

Kepala ANRI menyambut baik kerjasama ini dan memberikan penghargaan ynag setinggi-tingginya kepada para wakil dari organisasi Karang Taruna Nasional karena telah bersedia untuk meluangkan waktunya untuk mengikuti apresiasi kearsipan. Hal tersebut merupakan salah satu bentuk dari kepedulian terhadap kearsipan. Semoga jejak langkah Karang Taruna Nasional ini juga diikuti oleh organisasi social lainnya.

Tidak ada komentar: